Sunday, May 8, 2011

donasi



http://abifadhilblogs.blogspot.com/Donasi atau sumbangan untuk suatu blog adalah hal yang lumrah dalam dunia blogging. Memang tidak ada catatan pasti mengapa ada blogger yang pertama kali mencoba membuka ruang untuk para pengujungnya, untuk sekedar menyumbang demi kemajuan blog tersebut. Walaupun banyak juga literature yang menuliskan bahwa salah satu penghasilan dari sebuah blog adalah donasi. Jadi teringat salah satu scene dalam film 2012 saat Charlie berkata kepada Johnson, "Why don't you download my blog. It's free. But of course I do appreciate some donation".

Lalu mungkinkah ada pengunjung blog suatu blog yang akan menyumbang? Pasti selalu menyumbang. Setiap kunjungan berarti telah menyumbangkan traffic untuk suatu blog. Traffic juga merupakan suatu sumbangan yang sangat bernilai. Dengan traffic yang tinggi, otomatis akan timbul semangat dan tanggung jawab kepada setiap pengunjungnya. Tentunya setiap blogger, pasti tidak ingin ditinggal pengunjung hanya gara-gara tidak update berbulan-bulan dan bikin kecewa pengunjung. Intinya, setiap aktifitas pengunjung pada suatu blog, baik itu membaca artikel, mendownload, berkomentar atau meng-copas sekalipun, paling tidak mereka telah menyumbangkan traffic dan page views untuk blog tersebut.

Lalu bagaimana jika ada pengunjung yang ingin menyumbang dalam bentuk materi? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pengunjung:
  1. Memberi sumbangan langsung via PayPal dengan meng-klik tombol Donate via paypal seperti pada blog ini. Jika opsi ini dipilih, artinya sudah dapat dipastikan bahwa pengunjung tersebut memiliki akun paypal dan ingin menyisihkan rezekinya sebagai ucapan terimah kasih karena telah banyak manfaat yang di dapat dari suatu blog.
  2. Donasi lainnya bisa dalam bentuk mengikuti program-program bisnis affiliasi dan referral yang ditawarkan oleh suatu blog. Cara ini tidak hanya menyumbang, tetapi pengunjung juga bisa sedikit mendapat penghasilan online karena program yang diikutinya.
  3. Mengunjungi sponsor atau iklan yang terdapat pada suatu blog juga merupakan salah satu bentuk donasi. Jangan tutup dulu blog yang kamu kunjungi jika kamu tidak menemukan apa yang kamu cari. Coba lihat link sponsor/iklannya. Mungkin kamu bisa menemukan apa yang kamu cari disitu.

Related Post:

0 comments:

Post a Comment